Notifikasi
Notifikasi
Cari News
Produk Terlaris di oye.or.id
Gambar Allurion Balloon
Allurion Balloon
Rp -
BELI SEKARANG
Gambar Jasa SEO Jakarta
Promo Jasa SEO Jakarta [ Expert ]
Rp 300.000
BELI SEKARANG
Gambar Jasa Pembuatan Website Dealer Otomotif
Promo Jasa Pembuatan Website Dealer Otomotif
Rp 1.000.000
BELI SEKARANG
Gambar Jasa Artikel Pilar
Jasa Artikel Pilar
Rp 1.00.000
BELI SEKARANG
Gambar Jasa Pembuatan Website Profile Perusahaan
Promo Jasa Pembuatan Website Profile Perusahaan
Rp 1.000.000
BELI SEKARANG
Gambar Jasa SEO Depok
Jasa SEO Depok
Rp 500.000
BELI SEKARANG
Gambar Jasa SEO Shopee
Jasa SEO Shopee
Rp 1000.000
BELI SEKARANG
Gambar Jasa SEO Tokopedia
Jasa SEO Tokopedia
Rp 1.000.000
BELI SEKARANG
Gambar Jasa Core Vital
Jasa Core Vital
Rp 300.000
BELI SEKARANG
Gambar Jasa SEO Shopify
Jasa SEO Shopify
Rp 3.000.000
BELI SEKARANG
Gambar Jasa PageSpeed Website
Jasa PageSpeed Website
Rp 300.000
BELI SEKARANG
Gambar Jasa Whatsapp Business
Jasa Whatsapp Business
Rp 300.000
BELI SEKARANG
Gambar Jasa Aktivasi Domain Co.id
Jasa Aktivasi Domain or.id, Co.id
Rp 100.000
BELI SEKARANG
Gambar Jasa Approve Adsense
Jasa Approve Adsense
Rp 200.000
BELI SEKARANG
Gambar Jasa Pembuatan PWA mobile app
Jasa Pembuatan PWA Mobile App
Rp 200.000
BELI SEKARANG
Gambar Jasa Install Wp Rocket
Jasa Install Wp Rocket
Rp 100.000
BELI SEKARANG
Gambar Jasa Index Google
Jasa Index Google [ Mempercepat ]
Rp 400.000
BELI SEKARANG
Gambar Kursus SEO
Promo Kursus SEO
Rp 1.500.000
BELI SEKARANG
Gambar Jasa Pembuatan Website Murah
Jasa Pembuatan Website Murah
Rp 2.500.000
BELI SEKARANG
Gambar Jasa Pendaftaran Google News
Jasa Pendaftaran Google News
Rp 500.000
BELI SEKARANG
Gambar Jasa Install RankMath Premium
Jasa Install RankMath Premium
Rp 150.000
BELI SEKARANG
Gambar Jasa Backlink Wikipedia
Jasa Backlink Wikipedia
Rp 200.000 - Rp 500.000
BELI SEKARANG

Apa Itu Augmented Reality (AR) Pengertian Dan Penjelasannya

WhatsApp Telegram
Konten [Tampil]
OYE Digital Indonesia, Apa Itu Augmented Reality (AR) Pengertian Dan Penjelasannya - Augmented Reality (AR) merupakan teknologi yang menggabungkan dunia nyata dengan digital. Dimana teknologi ini menjadikan 3D online untuk membuat digital menjadi nyata dalam pengembangannya.

Dimana Augmented Reality (AR) salah satu teknologi yang semakin mendapatkan perhatian dalam beberapa tahun terakhir. Karena memiliki kemampuan untuk menggabungkan dunia nyata dengan versi digital, AR telah membuka pintu bagi berbagai industri pemhuatan aplikasi di seluruh dunia.

Apa Yang Di Maksud Dengan Augmented Reality?

Gambar Apa Itu Augmented Reality (AR) Pengertian Dan Penjelasannya

Augmented Reality (AR) ialah sebuah teknologi terbaru, yang dapat menggabungkan dunia nyata dengan sistem digital secara real-time. Hal ini tentu dapat melihat dan berinteraksi dengan sistem virtual yang terintegrasi dengan lingkungan hidup sehari-hari.

Sistem AR menciptakan pengalaman yang memperkaya realita kehidupan, yang ada dengan menambahkan teknologi digital, seperti gambar, audio, video, atau objek 3D, ke dalam pandangan nyata bagi pengguna. Teknologi AR hadir ke dalam berbagai perangkat seperti smartphone, tablet atau headset AR yang khusus digunakan untuk memberikan pengalaman dalam menggunakannya.

Bagaimana AR bekerja?

Sistem teknologi seperti AR, tergantung pada perangkat yang dipergunakan. Sebagai pada smartphone, kamera di perangkat ini dapat digunakan untuk melihat dan memindai lingkungan sekitar.

Perangkat lunak tersebut dapat secara khusus mengenali pola, dan fitur di lingkungan sekitar, dengan menambahkan teknologi virtual ke pandangan kamera.

Setiap pengguna dapat melihat secara virtual, melalui layar perangkat, yang terlihat seperti hologram, serta dapat mengambang di atas dunia nyata. Selain itu, Augmented Reality juga dapat mengintegrasikan sistem sensor seperti gerakan, atau lokasi untuk menciptakan interaksi yang lebih baik.

Misalnya, dengan menggunakan sensor gerak pada perangkat smartphone, pengguna dapat berinteraksi dengan objek virtual dengan menggunakan gerakan tangan atau tubuh. Augmented Reality digunakan dalam berbagai aplikasi, seperti Pokémon GO, sebagai pemain, Anda dapat melihat karakter Pokémon seperti hadid di dunia nyata, dan bergerak di lingkungan sekitar.

AR Bisa Di Aplikasikan Untuk Belanja

Dalam aplikasi belanja, Augmented Reality memungkinkan penggunanya untuk melihat produk secara virtual dalam lingkungan nyata sebelum membeli. Hal ini dapat memberikan pengalaman belanja yang menyenangkan bagi para pengguna AR.

Perkembangan Augmented Reality sampai saat ini terus berkembang, dengan teknologi semakin canggih, dan aplikasi yang inovatif. Peningkatan kecerdasan buatan seperti AI, dan komputasi yang lebih kuat memungkinkan AR untuk memberikan pengalaman yang lebih realistis.

Headset AR

Selain itu, perkembangan perangkat keras seperti pada headset Augmented Reality juga dapat memberikan pengalaman penggunaan teknologi AR dengan cara yang lebih praktis.

Dengan kemampuan tersebut, dapag dipastikan mudah dalam menggabungkan dunia nyata dengan sistem virtual, karena AR memiliki potensi besar dalam berbagai industri.

Seperti pada industri game, pendidikan, desain, e-commerce, perawatan, kesehatan dan lain sebagainya. 

Sistem Augmented Reality tidak hanya dapat meningkatkan pengalaman bagi pengguna, tetapi juga dapat membantu meningkatkan efisiensi, produktivitas, serta kolaborasi di berbagai bidang teknologi cerdas.

Hal ini menjadikan Augmented Reality sebagai salah satu teknologi yang menarik dan terus berkembang, memberikan potensi baru dalam berinteraksi dengan dunia sekitar kita serta dapat membuka pintu bagi berbagai aplikasi di masa depan.

Teknologi Augmented Reality

Kami akan menjelaskan secara spesifik tentang teknologi Augmented Reality (AR) dalam beberapa bidang. Silahkan simak di bawah ini:

1. Augmented Reality Pada Industri Gaming

Augmented Reality sendiri sudah menghadirkan pengalaman terbaik pada saat pengguna bermain game.

Contohnya saat pengguna memainkan game Pokémon GO, di mana para pemain dapat menggunakan perangkat mereka untuk melihat karakter Pokémon yang seolah terlihat nyata dan hadir di sekitar kita.

Atau pada saat bermain game virtual menggunakan kacamata AR atau VR. Teknologi tersebut dapat menciptakan pengalaman terbaik saat bermain game tentu dapat memadukan dunia nyata dengan menggunakan teknologi virtual.

2. Augmented Reality Pada Program Pendidikan

Teknologi AR juga dapat kita pergunakan dalam pendidikan, sangat berguna untuk meningkatkan pembelajaran dengan cara yang interaktif serta menarik.

Dengan teknologi AR pada pendidikan, Anda dapat melihat model 3D interaktif dari objek yang di sajikan, tentu pada visualisasi yang menarik, serta penyajian konten edukatif.

Hal ini sangat membantu para pengguna, untuk memvisualisasikan serta memahami konsep dengan cara yang lebih praktis, sehingga dapat meningkatkan pemahaman dalam berbagai subjek.

3. Penggunaan AR Pada Arsitektur dan Desain

Dalam industri arsitektur dan desain, tentu teknologi Augmented Reality dapat dipergunakan untuk memvisualisasikan konsep desain bangunan secara real-time.

Sehingga para profesional dapat menggunakan AR untuk menunjukkan klien bagaimana ide desain arsitektur mereka akan terlihat di lokasi yang sebenarnya. Hal ini tentu memungkinkan klien untuk mendapatkan pemahaman yang lebih jelas pada proyek yang sedang diusulkan.

4. Augmented Reality Dalam Perdagangan Industri E-Commerce

Augmented Reality sudah melakukan banyak perubahan, sehingga semua pengguna dapat berbelanja secara online.

Dengan teknologi AR, para konsumen dapat melihat produk seperti pada lingkungan nyata mereka sebelum membelinya.

Contohnya dengan menggunakan aplikasi AR pada smartphone, Anda dapat memasang furnitur virtual, pada suatu ruangan untuk melihat bagaimana furnitur tersebut cocok untuk di tempatkan.

Hal ini sangat membantu dalam meningkatkan pengalaman berbelanja secara online dengan memberikan gambaran yang lebih jelas tentang produk tersebut.

5. Augmented Reality Pada Perawatan Kesehatan

Augmented Reality juga dapat kita gunakan dalam bidang perawatan kesehatan. Teknologi AR tentu dapat kita integrasikan pada medis, dokter dapat menggunakan visualisasi yang terintegrasi dengan gambar pasien secara real-time.

Contohnya, pada saat melakukan prosedur bedah, atau perawatan medis lainnya, dokter dapat melihat struktur tubuh pasien secara langsung melalui teknologi AR. Hal ini dapat membantu dokter dalam navigasi yang lebih tepat serta memperbaiki akurasi dalam prosedur medis.

Augmented Reality Sangat Berkembang Pesat

Perkembangan Augmented Reality (AR) dalam beberapa tahun terakhir sangat pesat, karena dengan adanya kemajuan dalam teknologi, yang dapat langsung terintegrasi dengan sistem digital lainnya.

Penutup

Demikian yang dapat kami sampaikan, tentang Apa Itu Augmented Reality (AR) Pengertian Dan Penjelasannya. Semoga dapat memberikan manfaat bagi kita semua, dan terima kasih telah berkunjung sampai jumpa kembali di informasi lainnya.
WhatsApp Telegram
Gabung dalam percakapan
Posting Komentar
Tautan disalin ke papan klip!