Auto Indexing Google Api For WordPress

Oye Digital Indonesia, Auto Indexing Google Api For WordPress - Agar mempercepat Index Di search Engine Google, kali ini oye akan membagikan sebuah tips dengan menggunakan Api. Khususnya bagi para pengguna platform wordpress, dengan adanya auto indexing google ini, secara otomatis Anda tidak perlu submit manual ke google search console (webmaster). Sangat menghemat waktu, dan lebih efisien tentunya dalam pembuatan konten jadi lebih produktif.


Sebagian besar website populer telah lama menggunakan api google. Untuk mempermudah kinerja mereka, dan mempercepat produksi dalam mempublikasikan konten. Cara nya cukup mudah, hanya memerlukan beberapa langkah untuk konfigurasi auto indexing google. Langsung kita simak dibawah ini langkah memulai auto index google api.


Langkah Auto Indexing Google Api Untuk WordPress

Gambar Auto Indexing Menggunakan Google Api For WordPress


Sebelum kita mulai, ada beberapa tahapan yang mesti Anda simak dalam pembuatannya. Pertama kita harus sudah mempunyai akun Google Cloud, untuk optimasi auto indexing google api. Silahkan daftar akun, dengan cara langsung klik Google cloud. Silahkan masuk ke akun google cloud Anda, dan memulai langkah selanjutnya.


1. Membuat Projek Baru

Gambar Membuat Projek Baru Google Cloud


Anda langsung menuju Select A Project, dan membuat projek baru dengan cara menekan tombol new project. Seperti pada gambar contoh diatas.


2. Mengisi Nama Project

Gambar Mengisi Nama Project


Anda dapat membuat nama project sesuai dengan keinginan, seperti pada gambar di atas, untuk tahap awal melakukan auto indexing.


3. Create Service Account

Gambar Create Service Account


Langkah berikutnya ialah membuat akun servis, dengan cara menekan tombol Create Service Account. Dan beri nama akun Anda sesuai yang di inginkan. Agar nanti bisa menjalankan auto indexing dengan sempurna.


4. Beri Nama Akun Detail Api Google

Gambar Beri Nama Akun Detail Api Google


Sebagai contoh saya memberi nama indexing, terlihat pada gambar diatas, Anda bisa memberi nama sesuai yang diinginkan. Kemudian tekan tombol create and continue.


5. Mengisi Role

Gambar Mengisi Role


Dalam mengisi Role, pastikan Anda sesuaikan dengan settingan saya, yaitu memilih Owner sebagai Role action nya. Perhatikan gambar diatas, agar nanti bisa singkron dengan google search console untuk mengoptimalkan auto indexing. Setelah itu, silahkan langsung tekan tombol continue.


6. Grant User Akses

Gambar Grant User Akses


Setelah itu, Anda akan dimintai untuk mengisi user akses. Silahkan isi dengan alamat email Anda, di kolom yang tersedia seperti pada contoh diatas, dan klik tombol done untuk menyelesaikan nya.


7. Email Api Google

Gambar Email Api Google


Setelah semua selesai, Anda akan mendapatkan sebuah email api google, untuk mengaktifkan proses auto indexing nantinya. Simpan dengan baik, untuk menghubungkan ke akun google search console. Klik tombol manage key, dengan cara menekan tombol tiga titik di samping email api.


8. Create New Key

Gambar Create New Key


Setelah menekan tombol manage key, Anda akan dimintai untuk membuat key api yang baru, silahkan tekan tombol create Key, dan pilih mode json seperti pada gambar di bawah.


9. Download Json

Gambar json


Secara otomatis, key json akan langsung mendownload dengan sendirinya, simpan baik-baik file json tersebut untuk di unggah ke plugin instant indexing google.


10. Install Plugin Instant Indexing For Google Pada Wordpress

Gambar Install Plugin Instant Indexing For Google Pada Wordpress


Silahkan Anda menuju ke akun wordpress, dan cari plugin dengan kata kunci Instant Indexing, setelah itu aktifkan.


11. Upload File Json

Gambar Upload File Json


Setelah aktif, kemudian segera Upload file json yang telah di download tadi. Dan klik save pada plugin instant indexing for google.


12. Install Plugin Rank Math SEO

Gambar Install Plugin Rank Math SEO


Agar dapat melengkapi proses auto indexing menggunakan google api, silahkan install dan aktifkan plugin rank math seo. Apabila Anda sudah terlanjur dengan plugin SEO lain, seperti yoast atau aio, langsung setting saja untuk singkronisasi bersama plugin rank math.


13. Menambahkan Email Api Google Ke Search Console

Gambar Menambahkan Email Api Google Ke Search Console


Sebelum dapat di aktifkan, selanjutnya kita ke menu settingan google search console, dan tambahkan email api yang sudah jadi tadi, dengan cara menambahkan pengguna baru, dan pastikan juga sebagai owner.


14. Indexing Api

Gambar Indexing Api Google


Setelah itu, mari kita aktifkan Google indexing Api. Sebelumnya Anda harus cari di kolom pencarian dengan keyword indexing api. Terlihat pada gambar petunjuk diatas.


15. Enable Indexing Api

Gambar Enable Indexing Api


Langkah berikutnya, dengan mengaktifkan fitur indexing pada api, dengan cara klik tombol enable, dan tunggu beberapa saat. Dengan begitu auto indexing google api, akan siap di jalankan.


16. Submit New Index For WordPress

Gambar Submit New Index For WordPress


Selanjutnya ialah melakukan index pertama, untuk mengirim request api ke google cloud. Anda bisa melakukannya secara manual, seperti pada gambar diatas di wordpress.


17. Matriks Auto Indexing

Gambar Matriks Auto Indexing


Agar mengetahui apakah request pertama sudah berjalan, Anda bisa mengunjungi Google Cloud kembali. Dan melihat matriks Auto Indexing, pada request pertama tadi. Apabila di layar monitor hasilnya sama seperti pada contoh gambar diatas. Berarti auto indexing google api sudah berjalan.


Biasanya webmaster akan merayapi dalam 1x24 jam, namun pada auto indexing google api ini, jauh lebih cepat untuk proses Crawling search console google. Saran kami setelah Anda melakukan proses index pertama, tunggu beberapa menit atau beberapa jam untuk melihat hasilnya. Dan bisa di cari dengan bantuan google dork site:domainAnda.com.


Silahkan Lihat: Jasa Index Ulang Google Webmaster


Penutup

Demikian yang dapat kami sampaikan, tentang Auto Indexing Google Api For WordPress. Semoga dapat membantu memecahkan permasalahan mengenai index google. Apabila artikel ini bermanfaat, silahkan bagikan kepada rekan-rekan semua, terima kasih sudah berkunjung ke oye.web.id, sampai jumpa kembali di Informasi lainnya.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak