Cara Index Ulang #Google Webmaster

Oye Digital Indonesia, Bagaimana Cara Index Ulang #Google Webmaster ?, problem ini kita sering temukan di website, termasuk pada kesalahan url 302 yang disampaikan oleh search console google. Nah disini oye akan sampaikan, bahwa hal tersebut bisa saja terjadi kepada website yang tidak singkron. Di tambah algoritma google sering update, untuk meningkatkan performa mesin index sendiri.

Hampir sama cara index google webmaster, namun sedikit berbeda, pasti banyak yang mengeluh karena web mereka tidak terindex oleh google. Dalam pemberitahuannya pasti dinyatakan kesalahan url 302 di Search console google. Namun Anda tidak perlu khawatir, akan masalah seperti ini, karena sudah lazim terjadi, dan ini termasuk dalam pemeliharaan website yang mesti kita perbarui.

Tips Cara Index Ulang Google #Webmaster

Gambar Cara Index Ulang #Google Webmaster


Ada beberapa tips yang dapat Anda coba sebelum melakukan index ulang google. Caranya cukup simpel, dan bisa di lakukan oleh siapapun, namun bila Anda terlalu sibuk, bisa menggunakan jasa index ulang google dengan menyewa layanan agensi atau freelance.


1. Menggunakan Template Responsive

Cek terlebih dahulu template website Anda, sudah memiliki tampilan mobile responsif atau tidak, google sendiri menyarankan menggunakan AMP, namun fitur AMP ini tidak menyerupai template pada umumnya. Jadi minimal penggunaan template sudah support mobile responsif.


2. Cek Validasi Schema Markup

Setelah template situs masing-masing di cek, agar lebih baik lagi kita lihat dari Schema Markup. Jangan sampai ada kesalahan, Anda bisa cek Validasi Skema Markup disini. Apabila ada kesalahan, silahkan langsung di perbaiki, sekarang sudah banyak sekali tutorial yang membahas masalah seperti ini. Kenapa harus di cek?, Alasan nya agar robot indexing dapat merayapi konten atau url website Anda. Terutama di webmaster Bing, mereka akan sangat cepat mendeteksi website yang memiliki schema markup kurang sempurna.


3. Edit Ulang Konten

Khususnya pada platform blogger, Anda dapat mengedit ulang konten yang sudah di publish. Caranya dengan menyimpan kembali ke draf, dan edit perlahan dari judul serta gambar, pastikan menggunakan link otomatis. Berikut dibawah ini cara mengedit konten via blogger.


3.a. Simpan Konten Ke Dalam Draf

Gambar Simpan Konten Ke Dalam Draf


Membatalkan publikasi seperti pada gambar di atas, cara ini sudah tersimpan otomatis konten Anda di draf.


3.b. Edit Ulang Judul Konten

Gambar Edit Ulang Judul Konten


Lihat tanda di dalam gambar, fokus pada judul konten, Anda tinggal menambahkan judul 1 atau 2 kata sesuai dengan keinginan dan tema.


3.c. Tambahkan Alt dan Judul Gambar

Gambar Tambahkan Alt dan Judul Gambar


Ini bagian terpenting selain judul, yaitu gambar, setiap postingan yang mempunyai photo/gambar, diwajibkan menambahkan alt img dan judul img. Untuk Alt img bisa Anda tambahkan kata gambar, sementara bagi judul gambar anda gunakan saja judul tema yang sesuai. Seperti pada contoh diatas.


Gambar Menjadikan Tanggal dan Link Otomatis


Selanjutnya silahkan Anda ubah link yang sebelumnya, ke url dan tanggal otomatis. Contoh nya pada gambar diatas.


3.e. Redirect 301 URL Lama

Gambar Redirect 301 URL Lama


Setelah itu Ambil url lama, dan alihkan secara permanen ke url yang baru. Redirect 301 ini berguna untuk menghindari spam, dan broken link. Karena dalam algoritma terbaru di mesin index seperti google akan dapat terbaca.


3.f. Hapus Url Lama di Search Console Google

Gambar Hapus Url Lama di Search Console Google


Ini bagian terpenting, menghapus url lama yang sebelumnya sudah di Crawling oleh Google search console. Bertujuan untuk menghindari duplikat link, pada mesin perayapan google, Bing maupun yang lainnya. Caranya pergi ke gsc, lalu cari navigasi penghapusan, lalu kirim permintaan baru, dan tambahkan url lama Anda, sesuaikan pada gambar yang di beri tanda merah di atas.


3.g. #Submit URL Baru Ke Webmaster

Setelah Anda melakukan step by step tips diatas, langkah terakhir silahkan submit ulang url terbaru ke google index. Dan lakukan index langsung, pada tombol yang tersedia di search console google.


4. Cek Artikel Yang Sudah Di Index

Anda hanya perlu menunggu dalam beberapa menit, jam bahkan bisa 1 hari artikel akan terindex. Cara cek artikel yang sudah terindex, seperti tips dari para master dengan menggunakan dork google atau full judul konten.


Catatan: Cara Index ulang ini dapat dilakukan di platform manapun, seperti wordpress, atau CMS Laravel, CI, dan lain sebagainya.


Penutup

Demikian yang dapat oye digital Indonesia sampaikan, tentang Bagaimana Cara Index Ulang #Google Webmaster. Cara sepeti ini dapat Anda lakukan setiap saat, dan kami sarankan untuk menyewa layanan jasa untuk lebih efisien. Demikian yang dapat kami sampaikan, terima kasih juga sudah berkunjung ke oye.or.id, apabila artikel ini bermanfaat, silahkan bagikan sampai jumpa di informasi lainnya.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak